Show simple item record

dc.contributor.authorIkhsan Rahmawan
dc.date.accessioned2013-12-12T00:24:10Z
dc.date.available2013-12-12T00:24:10Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204205
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8274
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di SD disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih terlalu berpusat pada guru. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru harus berperan aktif untuk menciptakan model pembelajaran. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku dan Budaya di Indonesia menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Jember Kidul 03. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis aktivitas siswa selama pembelajaran IPS aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang aktif, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,3% (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,08% (kriteria sangat aktif),. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase hasil belajar siklus I secara klasikal sebesar 66,4% dan siklus II secara klasikal sebesar 77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada siklus I 52,76%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72,12%, dari hasil di atas terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,36% (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran tipe GI adalah 59,72 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 27,7%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,4 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 43%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 77 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 83%, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 6,68 kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 10,6. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (2) Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi sekolah sebagai pertimbangan untuk meningkatkan pembelajaran dimasa yang akan datang (3) Bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa memahami tata cara diskusi, mempresentasikan hasil diskusi dan siap dalam menerima materi pembelajaran (4) Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204205;
dc.subjectKERAGAMAN SUKU , MODEL KOOPERATIFen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record