• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Ikhsan Rahmawan_1.pdf (447.1Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Ikhsan Rahmawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SD disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih terlalu berpusat pada guru. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru harus berperan aktif untuk menciptakan model pembelajaran. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku dan Budaya di Indonesia menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Jember Kidul 03. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis aktivitas siswa selama pembelajaran IPS aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang aktif, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,3% (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,08% (kriteria sangat aktif),. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase hasil belajar siklus I secara klasikal sebesar 66,4% dan siklus II secara klasikal sebesar 77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada siklus I 52,76%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72,12%, dari hasil di atas terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,36% (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran tipe GI adalah 59,72 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 27,7%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,4 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 43%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 77 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 83%, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 6,68 kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 10,6. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (2) Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi sekolah sebagai pertimbangan untuk meningkatkan pembelajaran dimasa yang akan datang (3) Bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa memahami tata cara diskusi, mempresentasikan hasil diskusi dan siap dalam menerima materi pembelajaran (4) Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8274
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository