• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DISERTAI MEDIA FOTO KEJADIAN NYATA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 PAKUSARI

    Thumbnail
    View/Open
    Hilya Wildana Sofia.pdf (4.370Mb)
    Date
    2017-10-24
    Author
    Sofia, Hilya Wildana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menerapkan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dan mengkombinasikannya dengan media foto kejadian nyata fisika yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pakusari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa selama menggunakan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) disertai media foto kejadian nyata, 2) mengkaji pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) disertai media foto kejadian nyata fisika terhadap belajar fisika siswa di SMAN 1 Pakusari Pelaksanaan penelitian dilakuakan di SMA Negeri 1 Pakusari pada kelas X jurusan MIPA semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 mulai tanggal 9 hingga 25 November 2017. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan uji One-Way ANOVA terhadap populasi pada program SPSS 22. Penentuan sampel dengan metode cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent Sample T-test (uji parametrik). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketercapaian aktivitas belajar dari hasil observasi selama proses pembelajaran adalah sebesar 89,4% dengan kriteria aktif. Persentase ketercapaian aktivitas tertinggi pada motor activities sebesar 97% pada tahap experiencing, sedangkan persentase ketercapaian aktivitas terendah pada oral activities sebesar 73% pada tahap relating, applying dan cooperating. Selain itu, untuk perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menujukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000. Karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa ranah kognitif antara kelas eksperimen menggunakan model REACT disertai media foto kejadian nyata dengan kelas control. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran REACT disertai media foto kejadian nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada bab sebelumnya diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar fisika siswa selama menggunakan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring) disertai media foto kejadian nyata fisika di SMAN 1 Pakusari termasuk dalam kategori aktif, dengan presentase indikator tertinggi pada tahap Experiencing dan pesentase indikator terendah adalah oral activity pada tahap Relating, Applying, Cooperating (2) Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) disertai media foto kejadian nyata fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa ranah kognitif di SMAN 1 Pakusari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82559
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository