• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS VIII-C SMP NURIS JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

    Thumbnail
    View/Open
    Fajrin Abidiyah Irvani 120210101130_.pdf (6.747Mb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    IRVANI, Fajrin Abidiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan kunci pokok dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan yang lebih mementingkan pemahaman daripada hafalan. Maka dari itu, untuk memahami pokok bahasan matematika siswa harus menguasai konsepkonsep dasar pada matematika agar siswa dapat memahami dan menerapkannya. Berfikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dikembangkan oleh setiap siswa melalui pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran matematika seseorang akan dilatih untuk berpikir kritis, kreatif, logis, analisis dan sistematis. Setiap siswa memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda. Mereka memiliki tingkah laku yang berbeda-beda dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Perbedaan gender juga berpengaruh pada berbedanya cara memecahkan suatu permasalahan matematika. Pada penelitian ini dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui profil berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal cerita pada jenjang SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif didahului dengan pemeberian instrumen tes. Intrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes matematika dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data intrumen didapatkan bahwa soal tes dan pedoman wawancara valid. Intrumen yang sudah valid direvisi sesuai saran validator. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes dan wawancara. Data yang di analisis adalah data hasil tes dan data hasil wawancara yang dijadikan perwakilan. Selanjutnya soal tes diujikan pada kelas VIII C SMP Nuris Jember kemudian dianalisis dan dipilih 6 siswa (3 laki-laki dan 3 perempuan untuk diwawancara. Enam siswa tersebut dipilih berdasarkan hasil analisis pada soal tes dan juga perbedaan jawaban dituliskan pada lembar jawaban siswa. Enam siswa tersebut kemudian disimbolkan dengan SL1, SL2, SL3, SP1, SP2, dan SP3. Dari hasil analisis soal tes dan wawancara diketahui bahwa siswa laki-laki cenderung berpikir lebih sederhana daripada siswa perempuan, namun tidak terlalu bisa mengungkapkan apa yang dipahami dan direncanakan melalui tulisan. Siswa lakilaki lebih bisa menjelaskan secara lisan dengan lancar. Sedangkan siswa perempuan dapat mengungkapkan apa yang dipahami dan direncanakan baik secara lisan maupun tulisan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82513
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository