Show simple item record

dc.contributor.authorJadnika Dwi RA
dc.date.accessioned2013-08-22T06:18:47Z
dc.date.available2013-08-22T06:18:47Z
dc.date.issued2013-08-22
dc.identifier.nimNIM070210102087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/823
dc.description.abstractPembelajaran fisika tidak harus lagi mengarah kepada pembelajaran yang bersifat instruksional, yaitu pembelajaran yang hanya dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan biasanya terpusat pada guru, tetapi harus mengarah kepada pembelajaran yang bersifat dua arah, yaitu pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa secara aktif sehingga pembelajaran tidak hanya berasal dari guru tetapi juga berasal dari siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil dan akitivitas belajar siswa adalah Model Elaborasi Rumusan masalah dari penelitian adalah (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Elaborasi dengan pembelajaran konvensional di SMA? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa menggunakan model Elababorasi dan dengan model konvensional pada Pembelajaran Fisika di SMA? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar Fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Elaborasi dan pembelajaran konvensional di SMA. ; 2) Mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model Elaborasi dalam pembelajaran Fisika di SMA. Fisika merupakan ilmu yang banyak mendasari perkembangan ilmu lain, teknologi, serta sebagai ilmu yang banyak digunakan untuk menganalisis sebagian besar peristiwa alam maupun peristiwa riil. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang gejala alam dan gejala-gejalanya. Oleh karena itu, sebagian besar peristiwa alam dipelajari dalam fisika. Hal ini menyebabkan diperlukan aktivitas-aktivitas dan pola pikir yang cermat dari guru ataupun siswa dalam mempelajari fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji perbedaan hasil belajar dan mengkaji aktivitas belajar Perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dikarenakan pada pembelajaran di kelas eksperimen diterapkan model Elaborasi sedangkan di kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, model pembelajaran konvensional didefinisikan sebagai model dalam pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru di kelas. Pada umumnya metode yang digunakan dalam model pembelajaran konvensional berupa metode ceramah, diskusi, penugasan, dan tanya jawab. Dalam kenyataannya belajar tidak hanya memerlukan adanya perpindahan informasi dari guru kepada siswa, akan tetapi juga minat dan motivasi.. Hasil analisis aktivitas yang ditinjau dari lima aspek yang diamati diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih aktif dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkaan bahwa: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan pendekatan Model Elaborasi dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2011/2012. 2) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Elaborasi memiliki tingkat keaktifan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102087;
dc.subjectMODEL ELABORASIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL ELABORASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record