• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL ELABORASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Jadnika Dwi RA_1_17.pdf (359.1Kb)
    Date
    2013-08-22
    Author
    Jadnika Dwi RA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika tidak harus lagi mengarah kepada pembelajaran yang bersifat instruksional, yaitu pembelajaran yang hanya dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan biasanya terpusat pada guru, tetapi harus mengarah kepada pembelajaran yang bersifat dua arah, yaitu pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa secara aktif sehingga pembelajaran tidak hanya berasal dari guru tetapi juga berasal dari siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil dan akitivitas belajar siswa adalah Model Elaborasi Rumusan masalah dari penelitian adalah (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Elaborasi dengan pembelajaran konvensional di SMA? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa menggunakan model Elababorasi dan dengan model konvensional pada Pembelajaran Fisika di SMA? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar Fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Elaborasi dan pembelajaran konvensional di SMA. ; 2) Mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model Elaborasi dalam pembelajaran Fisika di SMA. Fisika merupakan ilmu yang banyak mendasari perkembangan ilmu lain, teknologi, serta sebagai ilmu yang banyak digunakan untuk menganalisis sebagian besar peristiwa alam maupun peristiwa riil. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang gejala alam dan gejala-gejalanya. Oleh karena itu, sebagian besar peristiwa alam dipelajari dalam fisika. Hal ini menyebabkan diperlukan aktivitas-aktivitas dan pola pikir yang cermat dari guru ataupun siswa dalam mempelajari fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji perbedaan hasil belajar dan mengkaji aktivitas belajar Perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dikarenakan pada pembelajaran di kelas eksperimen diterapkan model Elaborasi sedangkan di kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, model pembelajaran konvensional didefinisikan sebagai model dalam pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru di kelas. Pada umumnya metode yang digunakan dalam model pembelajaran konvensional berupa metode ceramah, diskusi, penugasan, dan tanya jawab. Dalam kenyataannya belajar tidak hanya memerlukan adanya perpindahan informasi dari guru kepada siswa, akan tetapi juga minat dan motivasi.. Hasil analisis aktivitas yang ditinjau dari lima aspek yang diamati diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih aktif dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkaan bahwa: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan pendekatan Model Elaborasi dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2011/2012. 2) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Elaborasi memiliki tingkat keaktifan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/823
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository