• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MEDIA KARTU MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Cholifatul Rosida - 130210102076_.pdf (3.427Mb)
    Date
    2017-10-18
    Author
    ROSIDAH, Cholifatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis pemahaman konsep siswa diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 87 dan kelas kontrol sebesar 61. Berdasarkan hasil uji mann-whitney diketahui hasil uji t signifikan secara statistik yaitu nilai Sig. (2 tailed) ( ) sehingga diterima dan ditolak maka model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Panji Situbondo. Selanjutnya hasil analisis data rata-rata nilai aktivitas belajar siswa menggunakan uji Independent Sample T-test. Pada tabel 4.7 tampak bahwa nilai dengan sig.0,187 > 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan varians pada data nilai rata-rata aktivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol (data homogen). Dengan demikian analisis independent sample t-test menggunakan asumsi equal variances assumed di dapatkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2 tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1 tailed) sebesar 0,001. Nilai signifikansi maka diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu masalah berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa di SMA; (2) model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan media kartu masalah berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82220
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository