• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY (SAVI) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Indah Hariyani_1.pdf (1.000Mb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Dian Indah Hariyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Matematika di SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan masih dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V, dikarenakan guru jarang memberikan tugas kelompok pada siswa, materi diajarkan berdasarkan buku dan bukan dari pengalaman siswa, pemanfaatan indera siswa masih kurang dimaksimalkan, dan guru kurang memberikan penguatan serta pujian kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyan guru. Berdasarkan data tersebut perlu adanya inovasi terhadap pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Dukuhdempok 03 Wuluhan dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 21 siswa terdiri atas 10 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Model penelitian tindakan menggunakan model berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari data hasil post-test tiap siklus diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa pada nilai sebelum tindakan persentase ketuntasan klasikal adalah 42,85% (tidak tuntas), pada siklus I meningkat menjadi 52,38% (tidak tuntas), dan siklus II menjadi 95,23% (tuntas). Jadi kesimpulannya bahwa melalui penerapan model pembelajaran pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan. Agar penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dengan media garis bilangan berjalan maksimal, maka guru hendaknya mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan secara matang sebelumnya, memperhatikan pengelolaan kelas dan harus menguasai materi yang akan disampaikan. Selain itu, guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penggunaan model pembelajaran SAVI hendaknya ditunjang dengan fasilitas pendukung yang diperlukan misalnya media pembelajaran yang sesuai dan menarik agar proses pembelajaran dapat berlangsung optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8190
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository