• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan Asesmen Kinerja (Performance Assessment) untuk Meningkatkan Kinerja Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Siswa Kelas XI B di SMAU BPPT Darus Sholah Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Elprin Dini Prahari - 120210103029_1.pdf (2.387Mb)
    Date
    2017-08-24
    Author
    PRAHARI, Elprin Dini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Temuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas XI-B SMAU BPPT Darus Sholah Jember nilai siswa pada mata pelajaran Biologi terdapat 61,9% siswa belum tuntas dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran berpusat pada guru. Guru kurang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat secara utuh dalam suatu proses pembelajaran sehingga siswa tidak terbiasa melakukan kegiatan seperti bereksperimen. Pembelajaran eksperimen memberi kesempatan pada siswa untuk mengalami sendiri, mengikuti proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan, dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek. Hal ini dapat melatih kinerja ilmiah siswa dalam kegiatan pembelajaran dan memperkuat ingatan siswa terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ilmiah dan hasil belajar biologi siswa melalui metode eksperimen dengan asesmen kinerja (Performance Assessment) di kelas XI-B SMAU BPPT Darus Sholah Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir siklus. Jika pada siklus I hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran yang diterapkan pada siklus II sama dengan siklus sebelumnya namun sudah ada perbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dengan asesmen kinerja dapat meningkatkan kinerja ilmiah dan hasil blajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan. Peningkatan kinerja ilmiah siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,17 (6,25%) dari yang awalnya 2,57 (85,85%) kriteria baik menjadi 2,75 (91,85%) yang termasuk kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang terlihat dari rata-rata klasikal hasil belajar psikomotorik pada siklus 1 sebesar 2,65 (88,80%) kriteria baikdan meningkat pada siklus 2 menjadi 2,81 (94,13%) yang termasuk kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar kognitif terlihat dari ketuntasan siswa dari prasiklus ke siklus 1 naik sebesar 25%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 21,1%. Peningkatan terbesar terjadi dari prasiklus ke siklus 2 yakni sebesar 46,1%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan asesmen kinerja (performance assessment) di kelas XI B SMAU BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 meningkatkan kinerja ilmiah dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81427
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository