dc.description.abstract | Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang
penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang diarahkan
pada pengembangan konsep bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Darun Najah Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember diketahui bahwa kemampuan anak kelompok A1
dalam mengenal bentuk geometri masih rendah. Sebanyak 52,95% dari 17 anak
terdapat 9 anak memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri masih kurang.
Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif guru masih
terfokus pada kegiatan tanya jawab dan pemberian tugas yang ada pada lembar
kerja anak (LKA) dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri, sehingga
sebagian anak merasa bosan dan kurang memperhatikan guru karena media yng
digunakan guru kurang bervariasi.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough dalam
pembelajaran mengenal bentuk-bentuk geometri. Masalah yang dirumuskan
dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi
berbantuan media palydough dalam pembelajaran mengenal bentuk-bentuk
geometri dan bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A1 dalam
mengenal bentuk geometri melalui metode demonstrasi berbantuan media
playdough di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri dengan
menerapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough pada pembelajaran mengenal bentuk geometri di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember tahun pelajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Darun Najah
Kecamatan patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan
tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan
tes.
Proses penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough dalam
penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I guru menjelaskan cara membuat bentuk
geometri menggunakan playdough kemudian meminta anak untuk membuat
bentuk geometri seperti yang dicontohkan guru, guru meminta anak untuk
mengelompokkan bentuk geometri dari playdough yang dibentuk berdasarkan
bentuknya pada lembar kerja anak, guru meminta anak menunjukkan dan
menyebutkan nama bentuk geometri pada gambar di papan. Siklus II guru
menjelaskan tugas anak secara berulang-ulang dan memberikan penekanan pada
kalimat/kata-kata penting, guru meminta anak menunjukkan dan menyebutkan
nama bentuk geometri yang dibuat anak menggunakan media playdough, guru
meminta anak untuk mengelompokkan bentuk geometri sesuai bentuknya dengan
cara belajar sambil bermain adu cepat bersama teman, guru memberikan
penguatan baik secara verbal maupun non verbal kepada anak agar anak lebih
termotivasi, guru memberikan tugas pengamanan.
Peningkatan kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui metode
demonstrasi berbantuan media playdough diketahui nilai rata-rata belajar anak
pada prasiklus 59,56 menjadi 69,12 pada siklus I dan 88,97 pada siklus II. Atas
dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi
berbantuan media playdough dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri di TK Darun Najah.
Saran yang berkaitan dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan
media playdough yaitu sebagai bahan masukan variasi media pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri, supaya tujuan
pembelajaran dapat tercapai secara maksimal | en_US |