• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A1 DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PLAYDOUGH DI TK DARUN NAJAH KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Elis Suryani - 130210205011_1.pdf (1.834Mb)
    Date
    2017-08-23
    Author
    Suryani, Elis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini memiliki 5 aspek perkembangan, salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif yang diarahkan pada pengembangan konsep bentuk geometri. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember diketahui bahwa kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri masih rendah. Sebanyak 52,95% dari 17 anak terdapat 9 anak memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri masih kurang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif guru masih terfokus pada kegiatan tanya jawab dan pemberian tugas yang ada pada lembar kerja anak (LKA) dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri, sehingga sebagian anak merasa bosan dan kurang memperhatikan guru karena media yng digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough dalam pembelajaran mengenal bentuk-bentuk geometri. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi berbantuan media palydough dalam pembelajaran mengenal bentuk-bentuk geometri dan bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri melalui metode demonstrasi berbantuan media playdough di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri dengan menerapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough pada pembelajaran mengenal bentuk geometri di TK Darun Najah Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Darun Najah Kecamatan patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Proses penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Siklus I guru menjelaskan cara membuat bentuk geometri menggunakan playdough kemudian meminta anak untuk membuat bentuk geometri seperti yang dicontohkan guru, guru meminta anak untuk mengelompokkan bentuk geometri dari playdough yang dibentuk berdasarkan bentuknya pada lembar kerja anak, guru meminta anak menunjukkan dan menyebutkan nama bentuk geometri pada gambar di papan. Siklus II guru menjelaskan tugas anak secara berulang-ulang dan memberikan penekanan pada kalimat/kata-kata penting, guru meminta anak menunjukkan dan menyebutkan nama bentuk geometri yang dibuat anak menggunakan media playdough, guru meminta anak untuk mengelompokkan bentuk geometri sesuai bentuknya dengan cara belajar sambil bermain adu cepat bersama teman, guru memberikan penguatan baik secara verbal maupun non verbal kepada anak agar anak lebih termotivasi, guru memberikan tugas pengamanan. Peningkatan kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui metode demonstrasi berbantuan media playdough diketahui nilai rata-rata belajar anak pada prasiklus 59,56 menjadi 69,12 pada siklus I dan 88,97 pada siklus II. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri di TK Darun Najah. Saran yang berkaitan dengan penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough yaitu sebagai bahan masukan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri, supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81414
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository