• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARYA TULIS PESERTA DIDIK KELAS II SMUN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI PERIODE 1998 / I 999

    Thumbnail
    View/Open
    MULYATI 9402108079.pdf (19.26Mb)
    Date
    2017-08-18
    Author
    MULYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari pengajaran berbahasa adalah ketrampilan (skill) berkomunikasi dengan bahasa secara efektif. Adapun objek dari pengajaran bahasa adalah peserta didik. Peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa dengan baik dan afektif. Belajar mengenai kesalahan dalam kaitannya dengan pengajaran bahasa cukup fungsional. Kesalahan berbahasa itu perlu dianalisis karena dapat mengganggu pencapaian tujuan pengajaran berbahasa. Kesalahan yang dianalisis adalah kalimat efektif yang ditulis oleh peserta didik kelas II SMUN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Kalimat yang efektif mempersoalkan bagaimana dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pembicara, bagaimana dapat mewakili secara segar dan sanggup menarik perhatian pembaca atau pendengar terhadap apa yang dibicarakan. Kaliamat efektif perlu dianalisis korena dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pada dasarnya peserta didik SMU sudah memiliki kemampitan menggunakan bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia sudah diajarkan sejak di SD dan pada jenjang tersebut sudah meliputi pelajaran membaca, menyimak, berbicara, dan menulis. Dalam program pengajaran bahasa Indonesia baik SMP maupun SMU peserta didik diarahkan untuk mengungkapkan secara sistematis, logis dan effektif pengalaman, gagasan, pesan, pendapat, dan perasaan baik secara lisan maupun tulis. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk menganalisis kesalahan penggunaan kalimat efektif dalam karya tulis peserta didik kelas II SMUN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81316
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository