• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA-TEOREMA KESEBANGUNAN SEGITIGA DENGAN METODE THINK ALOAD

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Prosiding_Susanto_Mengidentifikasi Kesalahan.pdf (1.539Mb)
    Date
    2017-08-15
    Author
    Susanto, Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mahasiswa Pendidikan Matematika perlu mengetahui dan memahami bagaimana membuktikan teorema berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya baik berupa pengertian pangkal (undefined), postulat, definisi, mengkonstruksi, dan teorema yang dipilih untuk membuktikan teorema berikutnya. Kaitannya dengan pembuktian teorema ini, dosen perlu mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang telah dilakukan mahasiswa, termasuk kesalahan yang dilakukan dalam membuktikan teorema. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memberikan beberapa teorema untuk dibuktikan mahasiswa, kemudian langkah yang mereka lalui dalam membuktikan teorema tersebut dapat diketahui dengan menggunakan metode think aloud. Hasil analisis mengungkapkan beberapa kesalahan: (1) Mahasiswa masih terpengaruh pengalaman belajar geometri yang telah lalu dan sudah terekam dalam pikirannya yang ternyata tidak cocok dengan struktur geometri yang sedang dipelajari. (2) Mahasiswa masih bingung dalam mengaitkan pengertian pangkal (undefined), postulat, definisi, konstruksi dan teorema, sehingga masih belum sistematis menggunakannya. (3) Mahasiswa kurang memiliki kerangka berpikir yang benar dalam membuktikan teorema. (4) Mahasiswa kurang kreatif dalam membuktikan teorema, sehingga tidak ada ide untuk pembuktian teorema pada langkah selanjutnya. Fleksibilitas berpikir mahasiswa yang konsisten dan koheren dalam satu struktur geometri dengan struktur geometri yang lain belum tampak; proses akomodasi dalam pemikiran internal mahasiswa belum berjalan. Mahasiswa tidak menuliskan teorema, tetapi menuliskan penjelasan untuk mendapatkan gambar sebagai bukti; kesalahan ini lebih pada aspek teknis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81211
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository