dc.description.abstract | Teori Graf merupakan sebuah topik bahasan yang saat ini telah banyak
dikembangkan. Berbagai situasi dapat dimodelkan dengan teori graf.
Permasalahan yang cukup menarik dalam teori graf adalah koneksi pelangi.
Misalkan G adalah graf terhubung nontrivial dengan edge ¡ coloring
c : E(G) ! f1; 2; 3; :::; ng; n 2 N, dikatakan pewarnaan koneksi pelangi pada G
jika untuk setiap pasang titik u dan v di sisi terdapat suatu lintasan dengan u
dan v sebagai titik ujung yang setiap isinya memperoleh warna berbeda. Comb
sisi graf tangga dengan graf lingkaran dide¯nisikan dengan mengambil satu
salinan graf tangga dan salinan graf lingkaran sebanyak jumlah sisi graf tangga
dan melekatkan satu sisi dari setiap salinan graf lingkaran ke setiap sisi pada
graf tangga yang dinotasikan dengan (Lp D Cm). Graf ini merupakan graf yang
memiliki dua expand pada indeks p, dan m. Dimana nilai p adalah banyaknya
selubung pada bagian graf tangga, nilai m adalah banyaknya expand titik pada
graf lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan nilai koneksi
pelangi dan koneksi pelangi kuat pada graf (Lp D Lr), (Lp D Cm), (Cn D Cm),
dan (Cn D Lr) serta kaitannya dalam menumbuhkan keterampilan berpikir
tingkat tinggi berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Metode
yang digunakan adalah Metode deduktif aksiomatik, yaitu penelitian yang
menggunakan prinsip-prinsip pembuktian deduktif yang berlaku dalam logika
matematika dengan menggunakan aksioma atau teorema tentang koneksi pelangi
yang telah ada untuk memecahkan suatu masalah. Hal tersebut kemudian
diterapkan pada graf (Lp D Lr), (Lp D Cm), (Cn D Cm), dan (Cn D Lr). Hasil
penelitian ini berupa teorema baru mengenai koneksi pelangi dan koneksi
pelangi kuat pada graf (Lp D Lr), (Lp D Cm), (Cn D Cm), dan (Cn D Lr) serta
kaitannya dalam menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Comb sisi dari graf tangga dengan graf tangga (Lp D Lr) dengan p ¸ 2 dan
r ¸ 2 memiliki rc(Lp D Lr) = p + 2r + 1, dan src(Lp D Lr) = p + 2pr + 1. Comb
sisi dari graf tangga dengan graf lingkaran (Lp D Cm) dengan p ¸ 2 dan m ¸ 4
memiliki rc(Lp D Cm) = p + m, dan src(Lp D Cm) = (m ¡ 1)(3p + 1) + p + 1.
Comb sisi dari graf lingkaran dengan graf lingkaran (Cn DCm) dengan n ¸ 4 dan
m ¸ 4 memiliki rc(CnDCm) = dn
2 e+m¡1, dan src(CnDCm) = dn
2 e+n(m¡1).
Comb sisi dari graf lingkaran dengan graf tangga (Cn D Lr) dengan n ¸ 4 dan
r ¸ 2 memiliki rc(Cn D Lp) = src(Cn D Lp) = dn
2 e + 2p).
Kaitan antara keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan koneksi pelangi
dan koneksi pelangi kuat pada comb sisi graf tangga dengan graf lingkaran
terbagi dalam 6 tahap. Tahap mengingat melipui mengingat kembali jenis graf
yang akan digunakan yaitu graf yang tidak berarah, terhubung, dan graf yang
berhingga. Tahap memahami meliputi memahami intruksi dan menegaskan
pengertian/ makna ide atau konsep yang telah diajarkan. Pada tahap
ini yang dilakukan adalah memahami tentang operasi graf comb sisi dan
tentang kardinalitas dari graf hasil operasi comb sisi serta diameter. Tahap
menerapkan yaitu mengaplikasikan konsep dalam situasi tertentu. Pada tahap
ini yang dilakukan adalah menerapkan pewarnaan pelangi pada graf hasil
operasi comb sisi. Tahap menganalisis meliputi kemampuan memisahkan
konsep kedalam beberapa komponen dan menghubungkan satu sama lain
untuk memperoleh pemahaman atas konsep tersebut secara utuh. Pada tahap
ini yang dilakukan adalah menganalisis fungsi koneksi pelangi dan koneksi
pelangi kuat. Tahap mengevaluasi yaitu merupakan kemampuan menetapkan
derajat sesuatu berdasarkan norma, kriteria atau patokan tertentu. Pada
tahap ini yang dilakukan adalah mengecek dan mengkaji ulang pewarnaan
koneksi pelangi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah suatu graf
G warna yang digunakan adalah yang paling minimal dan optimal sehingga
mencapai batas bawah berdasarkan teorema. Tahap mencipta yaitu merupakan
kemampuan memadukan unsur-unsur menjadi suatu bentuk yang utuh dan
koheran, atau membuat sesuatu yang orisinil. Pada tahap ini yang dilakukan
adalah menciptakan 4 teorema baru berdasarkan observasi sebelumnya. | en_US |