• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 2 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    YENI LUSIANA - 120210102039_.pdf (6.247Mb)
    Date
    2017-08-03
    Author
    LUSIANA, Yeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih ada permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran fisika. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain adalah kegiatan pembelajaran masih belum melibatkan siswa secara aktif. Proses pembelajaran di sekolah juga jarang dilakukan dengan proses sains berupa percobaan dan pengamatan secara langsung. Siswa mengalami kesulitan ketika melakukan percobaan, mereka bingung memahami langkah-langkah percobaan, membuat prediksi, menganalisis data, dan membuat kesimpulan percobaan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa keterampilan proses sains siswanya kurang terlatih. Permasalahan lain yang ditemukan adalah siswa kesulitan dalam memahami konsep fisika. Hal ini berdampak pada hasil belajarnya. Akibatnya banyak siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan. Salah satu model pembelajaran yang diprediksi dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model pembelajaran POE. Model POE memiliki tiga langkah utama dari metode ilmiah yaitu (1) prediction atau memprediksi, membuat dugaan terhadap suatu peristiwa fisika; (2) observation yaitu melakukan penelitian, pengamatan apa yang terjadi; (3) explanation yaitu memberikan penjelasan. Langkah-langkah dalam model POE melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Jember. Tujuan yang kedua adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Jember. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post test only control. Tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penentuan sampel dengan metode cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test untuk keterampilan proses sains siswa diperoleh nilai signifikansi ≤ 0,05 yang berarti bahwa model POE (Prediction, Observation, Explaination) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil uji Independent Sample T Test untuk hasil belajar kognitif diperoleh nilai signifikansi ≤ 0,05 yang berarti bahwa model POE (Prediction, Observation, Explaination) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model POE (Prediction, Observation, Explanation) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa di MAN 2 Jember; (2) model POE (Prediction, Observation, Explanation) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80679
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository