• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Dengan Concept Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas Negerib 4 Jember Pokok Bahasan Sistem Ekskresi)

    Thumbnail
    View/Open
    Fatia Rizky Maulana_1.pdf (1.758Mb)
    Date
    2017-03-14
    Author
    MAULANA, Fatia Rizky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan pada bulan Januari 2016 dengan guru dan siswa kelas XI – IPA 5 mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 4 Jember. Berdasarkan nilai ulangan pada materi sebelumnya yaitu sistem peredaran darah manusia semester gasal, siswa kelas XI – IPA 5 memiliki rata-rata nilai kelas terendah yaitu 70,63. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, rendahnya hasil belajar di kelas tersebut dikarenakan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa bermalasmalasan; minat belajar siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan kemampuan siswa yang rendah; media yang biasa digunakan guru adalah media power point yang diajarkan melalui metode ceramah sehingga siswa merasa bosan; serta kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penerapan model pembelajaran SQ4R dengan Concept Map. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI – IPA 5 SMA Negeri 4 Jember pokok bahasan system ekskresi melalui penerapan model pembelajaran SQ4R dengan Concept Map. Keterampilan berfikir kreatif diukur dengan pemberian test pada pra siklus dan LKS pada siklus I serta siklus II dengan menggunakan rubrik penilaian keterampilan berfikir kreatif yang terdiri atas indikattor kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan penguraian. Hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar ranah kognitif, dan afektif. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes tulis dalam bentuk objektif dan subjektif yang memiliki aspek C1-C4 yaitu aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Hasil belajar ranah afektif diukur menggunakan rubrik penilaian afektif yang dilihat dari aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan membandingkan hasil pra siklus, siklus I, dan siklus II. Analisis keterampilan berfikir kreatif siswa terdiri atas empat indikator, yaitu fluency (berfikir lancar), flexibility (berfikir luwes), originality (orisinalitas berfikir), dan elaboration (penguraian). Hasil pengukuran keterampilan berfikir kreatif siswa pada indikator fluency (berfikir lancar) pada pra siklus 36,80, pada siklus I 65,5 sehingga meningkat sebesar 28,7 dan pada siklus II meningkat sebesar 5,67 menjadi 71,17. Pada indikator flexibility (berfikir luwes) pada pra siklus 58,33, pada siklus I 67,36 sehingga meningkat sebesar 9,03 dan pada siklus II meningkat sebesar 10,41 menjadi 77,77. Pada indikator originality (orisinalitas berfikir) pada pra siklus 55,55, pada siklus I 75,69 sehingga meningkat sebesar 20,14 dan pada siklus II meningkat sebesar 12,15 menjadi 87,84. Pada indikator elaboration (penguraian) pada pra siklus 50,69, pada siklus I 70,13 sehingga meningkat sebesar 19,44 dan pada siklus II meningkat sebesar 10,07 menjadi 80,20. Rata-rata seluruh aspek pra siklus adalah 50,34 dengan kategori tingkat berfikir kreatif siswa sedang, siklus I adalah 69,67 termasuk kategori tingkat berfikir kreatif siswa tinggi, dan siklus II adalah 79,25 yang termasuk kategori tingkat berfikir kreatif siswa tinggi. Peningkatan keterampilan berfikir kreatif siswa dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 19,33% dan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 9,58% . Analisis hasil belajar Biologi siswa kelas XI -IPA 5 SMA Negeri 4 Jember ranah kognitif pra siklus, rata-rata kelas sebesar 70,63 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 36,12%. Pada siklus I, rata-rata nilai kelas sebesar 81,69 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 83,34%. Pada siklus II, rata-rata nilai kelas sebesar 83,80 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 91,67%. Peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus I sebesar 47,22%. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 8,33%. Peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus II sebesar 55,55%. Analisis hasil belajar Biologi siswa kelas XI – IPA 5 SMA Negeri 4 Jember ranah afektif pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85,5% termasuk kriteria sangat baik. Pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 88% yang termasuk kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 2,5%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79669
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15353]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository