Analisis Pengaruh Brand Community Terhadap Loyalitas Merek Pada Pengguna Satria FU 150 Di Kabupaten Situbondo
Abstract
Semakin  ketatnya  persaingan  pabrikan  motor saat  ini,  diperlukan
pengguna motor yang loyal guna dapat  bertahan, karena  pengguna motor yang
loyal  akan setia dan menjadi  partner  dalam memasarkan produk. Untuk dapat
membangun  loyalitas  diperlukan  kepuasan  dan  kepercayaan  pada  pengguna
merek. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  melihat  pengaruh  brand  community
terhadap loyalitas merek pada pengguna satria FU 150 di Kabupaten Situbondo.
Dalam penelitian ini terdapat  enam hipotesis,  yaitu  Legitimasi,  Loyalitas merek
oposisi,  Merayakan  sejarah  merek,  Berbagi  cerita  merek,  Integrasi  dan
mempertahankan  anggota,  Membantu  dalam penggunaan  merek  berpengaruh
terhadap loyalitas merek pada pengguna Satria FU 150 di Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan metode sensus dengan bantuan koesioner, didapat 120
orang responden dilakukan pada bulan Januari dan Februari 2013.
Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda Confirmatory.
Setelah terbukti valid dan reliabel  serta  uji kelayakan model yang telah terbukti
baik. Maka dilakukan uji regresi confirmatory dengan signifikansi <0,5. Dari hasil
uji membuktikan  bahwa  keenam hipotesis  dapat  diterima  dengan  positif  dan
signifikan. Dengan demikian maka diperlukan kepuasan dan kepercayaan dalam
membangun  loyalitas,  karena  semakin  besar  kepuasan dan kepercayaan  maka
akan semakin besar loyalitas.
