• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN BUKU SAKU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII D SMP Negeri 1 Rowokangkung Lumajang)

    Thumbnail
    View/Open
    Mega Dwi Puspitasari - 120210103085 #.pdf (4.349Mb)
    Date
    2017-01-20
    Author
    PUSPITASARI, Mega Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan buku saku di kelas VII D SMP Negeri 1 Rowokangkung tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Hopskin yang berbentuk spiral. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir siklus. jika pada siklus I hasil belajar IPA Biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran yang diterapkan pada dasarnya hampir sama namun sudah ada perbaikan dari siklus sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan buku saku di kelas VII D SMP Negeri 1 Rowokangkung pada pokok bahasan Ekosistem. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada prasiklus sampai siklus II terjadi peningkatan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 20%, sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 56%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif dalam pembelajaran IPA Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan buku saku. Pada aspek kognitif, mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,7. Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,4, dan pada prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,1. Sedangkan pada aspek afektif menalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,8.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78966
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository