• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PAKET SOAL OPEN-ENDED MODEL PISA UNTUK MENGETAHUI LEVEL LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Sri Purnamasari - 110210101067_erw.pdf (3.342Mb)
    Date
    2017-01-18
    Author
    Purnamasari, Ika Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu bidang studi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan ialah matematika dan penguasaan siswa terhadap matematika masih lemah. Hal ini dikarenakan adanya anggapan siswa bahwa matematika itu sulit dan karakteristik pembelajaran matematika masih dalam tahapan berpikir konvergen. Pendekatan yang dilakukan untuk dapat membuat matematika menjadi menarik adalah dengan upaya memberikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui karakteristik pembelajaran berpikir divergen (pertanyaan terbuka). Seperti soal-soal yang ada di dalam PISA. Program for International Student Assessment (PISA) adalah studi yang dikembangkan oleh beberapa negara maju di dunia yang tergabung dalam Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) yang berkedudukan di Paris, Perancis. PISA merupakan salah satu penilaian berskala internasional yang menilai kemampuan membaca, matematika dan sains siswa. PISA bertujuan untuk mengukur seberapa baik level literasi siswa usia 15 tahun yang mendekati akhir usia wajib belajar guna dipersiapkan untuk menghadapi tantangan masyarakat modern yang berbasis pengetahuan. Kemampuan literasi matematika itu sendiri ialah kemampuan individu untuk mengadopsi penyelesaian-penyelesaian matematika dalam mengatasi dan menyelesaikan permasalahan kehidupannya serta sebagai pijakan atau dasar dalam menentukan keputusan yang akan diambilnya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan paket soal matematika open-ended model PISA serta untuk mengetahui level literasi matematika siswa kelas VIII SMP. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide dalam membuat atau mengembangkan soal yang berkualitas serta menjadi bahan informasi yang bermanfaat agar dapat digunakan untuk melatih kemampuan literasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk paket soal matematika open-ended model PISA. Paket soal yang dikembangkan terdiri dari 2 paket dengan masing-masing paket terdiri atas 6 soal uraian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah paket soal, lembar validasi, dan angket. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes dan metode angket. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis data validasi oleh validator, analisis reliabilitas paket soal dan analisis level literasi matematika siswa. Proses pengembangan soal matematika open-ended model PISA menggunakan model pengembangan 4-D yang dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu: (a) tahap pendefinisian (define); (b) tahap perancangan (design); (c) tahap pengembangan (develop); dan (d) tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan sudah mencapai kriteria paket soal yang ditentukan. Hal tersebut berdasarkan uji validitas dari ketiga validator dengan nilai validitas sebesar 0,91002 untuk paket A dan 0,90915 untuk paket B dengan interpretasi sangat tinggi. Dari hasil uji coba group diperoleh nilai reliabilitas yang tinggi dengan nilai reliabilitas 0,612 untuk paket soal A dan reliabilitas yang sangat tinggi dengan nilai reliabilitas 0,803 untuk paket soal B yang artinya kedua paket soal sudah reliabel. Hasil analisis level literasi matematika siswa kelas VIII E SMPN 11 Jember berdasarkan hasil uji coba pada field test dengan jumlah siswa 38 orang yaitu siswa dengan level di bawah 1 sebesar 44,7%; siswa dengan level 1 sebesar 10,5%; siswa dengan level 2 sebesar 10,5%; siswa dengan level 3 sebesar 10,5%, siswa dengan level 4 sebesar 7,9%; siswa dengan level 5 sebesar 10,5%; dan siswa dengan level 6 sebesar 5,3%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa level literasi matematika siswa masih tergolong rendah karena masih banyak yang termasuk ke dalam level di bawah 1.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78861
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository