Show simple item record

dc.contributor.advisorSETYAWAN, FENDI
dc.contributor.authorHELVITYA, CHITA MERARY
dc.date.accessioned2017-01-12T04:07:11Z
dc.date.available2017-01-12T04:07:11Z
dc.date.issued2017-01-12
dc.identifier.nim120710101297
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78482
dc.description.abstractPerlindungan Hukum bagi Konsumen sangat diperlukan karena banyaknya tindakan penjualan barang dengan keadaan tidak sempurna yang terjadi dan merugikan konsumen pada saat ini. Pelaku usaha selaku pemilik barang dagangan harus bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya suatu barang dagangannya yang entah diketahui sebelumnya atau benar-benar tidak diketahui oleh pelaku usaha sehingga menyebabkan kerugian terhadap Konsumen. Maka dalam hal ini penulis tertarik untuk menulis suatu karya ilmiah berbentuk skripsi dengan judul Perlindungan Konsumen Terhadap Pembelian Barang Dengan Cacat Tersembunyi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini ada tiga, yaitu: Pertama, bagaimana pengaturan jaminan terhadap barang cacat tersembunyi yang dibeli dan merugikan kepentingan konsumen. Kedua, apa tanggung jawab hukum pelaku usaha terhadap adanya cacat tersembunyi pada barang yang dijualnya. Ketiga, bagaimana penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen jika dirugikan atas pembelian barang yang cacat tersembunyi. Tujuan umum dalam penulisan skripsi ini yaitu: untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan guna memperoleh gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jember. Tujuan khususnya, yaitu: untuk mengetahui dan memahami pengaturan jaminan terhadap barang cacat tersembunyi yang dibeli dan merugikan kepentingan konsumen, untuk mengetahui dan memahami tanggung jawab hukum pelaku usaha terhadap adanya cacat tersembunyi pada barang yang dijualnya, untuk mengetahui dan memahami upaya penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen jika dirugikan atas pembelian barang yang cacat tersembunyi Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini meliputi tipe penelitian yuridis normatif dan menggunakan pendekatan masalah melalui perundangundangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach), sumber bahan hukum meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan non hukum, dilanjut dengan analisa bahan hukum. Hasil penelitian bahwa terdapat kasus konsumen yang dirugikan haknya oleh pelaku usaha akibat adanya cacat tersembunyi pada barang yang dibelinya. Pemberian hak atas ganti rugi merupakan suatu upaya untuk memberikan perlindungan bagi setiap orang atas suatu akibat yang timbul, baik fisik maupun non fisik karena kesalahan atau kelalaian pelaku usaha. Mengenai tanggung jawab hukum pelaku usaha jika merugikan kepentingan konsumennya, maka pelaku usaha harus bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat barang cacat tersembunyi yang dijualnya kepada konsumen. Terkait dengan hal ini pelaku usaha akan mendapatkan sanksi berupa ganti rugi terhadap konsumen. Upaya penyelesaian hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen yang mengalami kerugian adalah dengan melalui jalur pengadilan dan di luar pengadilan. Saran-saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya Undang-Undang yang jelas untuk mengatur tentang jaminan barang cacat tersembunyi agar konsumen yang mengalami kerugian dapat memperjuangkan haknya untuk menuntut ganti rugi atas tindakan pembelian barang cacat tersembunyi. Dalam hal ini pelaku usaha harus bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi kepada konsumen dan harus memberikan ganti kerugian. Konsumen harus lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih dan memeriksa barang dengan jeli sebelum membelinya. Konsumen juga harus lebih memahami mengenai upaya-upaya penyelesaian hukum yang dapat dilakukan dalam menyelesaikan masalah ini. Cara penyelesaiannya dapat melalui mekanisme Negosiasi atau Musyawarah Mufakat. Apabila cara tersebut tidak saling memberi keuntungan terhadap konsumen dan pelaku usaha maka dapat ditempuh melalui jalur pengadilan dan diluar pengadilan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCONSUMER PROTECTIONen_US
dc.subjectGOODSen_US
dc.subjectDEFECT HIDDENen_US
dc.subjectPERLINDUNGAN KONSUMENen_US
dc.subjectBARANGen_US
dc.subjectCACAT TERSEMBUNYIen_US
dc.titlePERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG DENGAN CACAT TERSEMBUNYIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record