• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG DENGAN CACAT TERSEMBUNYI

    Thumbnail
    View/Open
    CHITA MERARY HELVITYA_erw.pdf (2.805Mb)
    Date
    2017-01-12
    Author
    HELVITYA, CHITA MERARY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perlindungan Hukum bagi Konsumen sangat diperlukan karena banyaknya tindakan penjualan barang dengan keadaan tidak sempurna yang terjadi dan merugikan konsumen pada saat ini. Pelaku usaha selaku pemilik barang dagangan harus bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya suatu barang dagangannya yang entah diketahui sebelumnya atau benar-benar tidak diketahui oleh pelaku usaha sehingga menyebabkan kerugian terhadap Konsumen. Maka dalam hal ini penulis tertarik untuk menulis suatu karya ilmiah berbentuk skripsi dengan judul Perlindungan Konsumen Terhadap Pembelian Barang Dengan Cacat Tersembunyi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini ada tiga, yaitu: Pertama, bagaimana pengaturan jaminan terhadap barang cacat tersembunyi yang dibeli dan merugikan kepentingan konsumen. Kedua, apa tanggung jawab hukum pelaku usaha terhadap adanya cacat tersembunyi pada barang yang dijualnya. Ketiga, bagaimana penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen jika dirugikan atas pembelian barang yang cacat tersembunyi. Tujuan umum dalam penulisan skripsi ini yaitu: untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan guna memperoleh gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jember. Tujuan khususnya, yaitu: untuk mengetahui dan memahami pengaturan jaminan terhadap barang cacat tersembunyi yang dibeli dan merugikan kepentingan konsumen, untuk mengetahui dan memahami tanggung jawab hukum pelaku usaha terhadap adanya cacat tersembunyi pada barang yang dijualnya, untuk mengetahui dan memahami upaya penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen jika dirugikan atas pembelian barang yang cacat tersembunyi Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini meliputi tipe penelitian yuridis normatif dan menggunakan pendekatan masalah melalui perundangundangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach), sumber bahan hukum meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan non hukum, dilanjut dengan analisa bahan hukum. Hasil penelitian bahwa terdapat kasus konsumen yang dirugikan haknya oleh pelaku usaha akibat adanya cacat tersembunyi pada barang yang dibelinya. Pemberian hak atas ganti rugi merupakan suatu upaya untuk memberikan perlindungan bagi setiap orang atas suatu akibat yang timbul, baik fisik maupun non fisik karena kesalahan atau kelalaian pelaku usaha. Mengenai tanggung jawab hukum pelaku usaha jika merugikan kepentingan konsumennya, maka pelaku usaha harus bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat barang cacat tersembunyi yang dijualnya kepada konsumen. Terkait dengan hal ini pelaku usaha akan mendapatkan sanksi berupa ganti rugi terhadap konsumen. Upaya penyelesaian hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen yang mengalami kerugian adalah dengan melalui jalur pengadilan dan di luar pengadilan. Saran-saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya Undang-Undang yang jelas untuk mengatur tentang jaminan barang cacat tersembunyi agar konsumen yang mengalami kerugian dapat memperjuangkan haknya untuk menuntut ganti rugi atas tindakan pembelian barang cacat tersembunyi. Dalam hal ini pelaku usaha harus bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi kepada konsumen dan harus memberikan ganti kerugian. Konsumen harus lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih dan memeriksa barang dengan jeli sebelum membelinya. Konsumen juga harus lebih memahami mengenai upaya-upaya penyelesaian hukum yang dapat dilakukan dalam menyelesaikan masalah ini. Cara penyelesaiannya dapat melalui mekanisme Negosiasi atau Musyawarah Mufakat. Apabila cara tersebut tidak saling memberi keuntungan terhadap konsumen dan pelaku usaha maka dapat ditempuh melalui jalur pengadilan dan diluar pengadilan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78482
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository