PENERAPAN FASE-FASE PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SIMETRI LIPAT DAN PENCERMINAN BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN TEGALGEDE 02 JEMBER
Abstract
Kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mata pelajaran matematika
ditandai dengan munculnya hambatan dalam mencapai tujuan belajar seperti
rendahnya tingkat keaktifan siswa dan rendahnya capaian hasil belajar siswa.
Faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar siswa yaitu: (1) faktor stimulus;
(2) faktor organisme; dan (3) faktor respon. Teori belajar Van Hiele membahas
tentang tingkatan berpikir geometri dan cara meningkatkannya dari satu tingkatan
ke tingkatan yang lebih tinggi melalui fase-fase pembelajaran Van Hiele. Oleh
karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan fase-fase
pembelajaran Van Hiele; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar
simetri lipat dan pencerminan bangun datar pada siswa kelas IV SDN Tegalgede
02 Jember; dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar simetri lipat dan
pencerminan bangun datar pada siswa kelas IV SDN Tegalgede 02 Jember.