• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENDA MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS II SDN CURAHNONGKO 02 KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Bakti Padang Iriani_1.pdf (138.8Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Dewi Bakti Padang Iriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi, cara ini membuat motivasi siswa dalam pembelajaran kurang dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Benda?; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Pokok Bahasan perubahan Benda?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan Menggunakan Metode l Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Benda; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model inkuiri kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo kabupaten Jember Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Benda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II tersebut dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: motivasi siswa dan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus: )(Nsiswa skor dan n E . %100x N Dari analisis data hasil penelitian untuk motivasi siswa diperoleh motivasi siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II secara berurutan yaitu 50,4 (kategori sedang) dan 66 (kategori tinggi). Dari analisis data hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal dan individu yaitu terdiri dari prasiklus sebesar 40% (kategori belum tuntas secara klasikal) dengan 15 siswa belum tuntas; siklus I sebesar 84% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 4 siswa belum tuntas; dan siklus II sebesar 92% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil analisis data tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) motivasi siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan; (2) ketuntasan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri menjadi meningkat. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah: a) bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang maksimal; b) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan; c) bagi lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Curahnongko 02.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7751
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository