Show simple item record

dc.contributor.authorYouwana Perwitasari
dc.date.accessioned2013-12-10T12:16:38Z
dc.date.available2013-12-10T12:16:38Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210204056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7740
dc.description.abstractMatematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif. Pembelajaran matematika di sekolah belum memberikan hasil yang memuaskan. Hal itu dapat terlihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa kelas V B SDN Jember Lor 02 yang tergolong rendah yaitu 47,5% dari 40 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran Matematika, diantaranya: 1) Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas V B SDN Jember Lor 02 melalui penerapan pendekatan SAVI dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas V B SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran Matematika materi prisma dan limas dengan menerapkan pendekatan SAVI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Jember Lor 02 sebanyak 40 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan McTaggart yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari empat fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa pada tes akhir siklus, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Siklus II dilaksanakan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran pada siklus I agar aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dapat meningkat secara maksimal. Pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2012 – 2 April 2012. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran melalui pendekatan SAVI dapat berjalan dengan lancar dan mampu mencapai tujuan yang sudah dirumuskan sebelum penelitian. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus I sebesar 65,75% meningkat menjadi 82,37% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dan mengalami peningkatan sebesar 15% pada siklus II menjadi 85%. Peningkatan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa terjadi karena adanya perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus II, seperti dalam penggunaan media dan latihan-latihan soal. Kesimpulannya pembelajaran melalui pendekatan SAVI terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa. Dengan demikian, pendekatan SAVI dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan pada pembelajaran matematika, dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan, memadukan dengan metode pembelajaran yang tepat, melaksanaan seluruh komponen SAVI dan memperhatikan alokasi waktu agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Bagi peneliti lain, penelitian ini juga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dengan pokok bahasan yang berbeda untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa.en_US
dc.language.isozhen_US
dc.relation.ispartofseries080210204056;
dc.subjectPendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual, Aktivitas, Ketuntasan Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL ( LIMAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS V B SDN JEMBER LOR 02 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record