• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMAN 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    EVIE EKA YULIATI.odt (556.8Kb)
    Date
    2016
    Author
    EVIE EKA YULIATI
    Mohamad Na'im
    Kayan Swastika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah menuntut peserta didik mampu mengkaji setiap perubahan di lingkungannya, serta memiliki kesadaran akan perubahan dan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah yang berguna untuk menghadapi masa sekarang. Oleh sebab itu diperlukan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir menganalisis sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Pembelajaran menggunakan Prediction Guide merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik di dalam proses pembelajaran secara aktif dari awal sampai akhir. Pembelajaran Isu Kontroversial merupakan sesuatu yang secara langsung menyebabkan orang atau kelompok berbeda pendapat. Perbedaan pendapat mengenai materi isu kontroversial dalam pembelajaran secara langsung membangkitkan kemampuan berfikir peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar sejarah dengan model pembelajaran Prediction Guide dan Isu Kontroversial. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tanggul dengan jumlah 30 peserta didik. Indikator yang diteliti adalah hasil belajar sejarah ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hasil belajar sejarah ranah afektif siklus 1 memperoleh rata-rata 2,98, pada siklus 2 memperoleh rata-rata 3,07, dan pada siklus 3 memperoleh rata-rata 3,19. Hasil belajar sejarah ranah kognitif pada siklus 1 memperoleh ketuntasan 53,33%, siklus 2 memperoleh ketuntasan sebesar 63,33%, dan siklus 3 memperoleh ketuntasan sebesar 76,67%. Hasil belajar sejarah ranah psikomotorik pada siklus 1 memperoleh rata-rata 2,62, siklus 2 memperoleh rata-rata 2,87, dan siklus 3 memperoleh rata-rata 3,17. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Prediction Guide dan Isu Kontroversial dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tanggul.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77297
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository