Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartinigsih
dc.contributor.advisorKhutobah
dc.contributor.authorRiskiani, Lika Intan
dc.date.accessioned2016-08-16T05:00:33Z
dc.date.available2016-08-16T05:00:33Z
dc.date.issued2016-08-16
dc.identifier.nim120210204132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76550
dc.description.abstractPenerapan langkah-langkah media lagu anak-anak yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016 dilakukan dalam siklus 1 dan siklus 2. Pelaksanaan siklus 1 sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa kekuranganya yang diperbaiki pada siklus 2 yaitu pemilihan kosakata dilakukan dengan penggunaan lagu yang berbeda dan penambahan lagu, penggunaan ejaan (tanda baca dan huruf kapital) dengan memberikan penjelasan materi lagi dan membimbing siswa agar siswa benar-benar paham, penulisan kerangka karangan dengan pemberian angka atau point-point kemudian dikembangkan, diberikan penjelasan kriteria penilaian agar siswa tahu apa yang dinilai dalam keterampilan menulis sehingga dapat menuliskan karangan dengan baik dan benar, pemberian reward dilakukan untuk memancing siswa agar menyelesaikan tugas dengan tertib dan tepat waktu. Setelah dilakukan perbaikan dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan siswa dari siklus 1 dan ke siklus 2. Peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan media lagu anak-anak dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil keterampilan menulis karangan siswa yaitu pada tahap prasiklus (60,46), siklus 1 (65,57), dan siklus 2 (74,8). Selain itu juga dapat dilihat dari presentase keterampilan menulis karangan siswa secara klasikal yaitu pada tahap prasiklus hanya 14 (54%) siswa yang diatas KKM, kemudian meningkat pada tahap siklus satu yaitu 19 (73%) siswa diatas KKM dan terakhir pada tahap siklus 2 yaitu terdapat 22 (85%) siswa diatas KKM. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media lagu anak-anak keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi dapat meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectketerampilan menulis karanganen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN LAGU ANAK-ANAK PADA SISWA KELAS III SDN 9 BARUREJO SILIRAGUNG BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record