• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN LAGU ANAK-ANAK PADA SISWA KELAS III SDN 9 BARUREJO SILIRAGUNG BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Lika Intan Riskiani - 120210204132.pdf (3.270Mb)
    Date
    2016-08-16
    Author
    Riskiani, Lika Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan langkah-langkah media lagu anak-anak yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016 dilakukan dalam siklus 1 dan siklus 2. Pelaksanaan siklus 1 sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa kekuranganya yang diperbaiki pada siklus 2 yaitu pemilihan kosakata dilakukan dengan penggunaan lagu yang berbeda dan penambahan lagu, penggunaan ejaan (tanda baca dan huruf kapital) dengan memberikan penjelasan materi lagi dan membimbing siswa agar siswa benar-benar paham, penulisan kerangka karangan dengan pemberian angka atau point-point kemudian dikembangkan, diberikan penjelasan kriteria penilaian agar siswa tahu apa yang dinilai dalam keterampilan menulis sehingga dapat menuliskan karangan dengan baik dan benar, pemberian reward dilakukan untuk memancing siswa agar menyelesaikan tugas dengan tertib dan tepat waktu. Setelah dilakukan perbaikan dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan siswa dari siklus 1 dan ke siklus 2. Peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan media lagu anak-anak dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil keterampilan menulis karangan siswa yaitu pada tahap prasiklus (60,46), siklus 1 (65,57), dan siklus 2 (74,8). Selain itu juga dapat dilihat dari presentase keterampilan menulis karangan siswa secara klasikal yaitu pada tahap prasiklus hanya 14 (54%) siswa yang diatas KKM, kemudian meningkat pada tahap siklus satu yaitu 19 (73%) siswa diatas KKM dan terakhir pada tahap siklus 2 yaitu terdapat 22 (85%) siswa diatas KKM. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media lagu anak-anak keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 9 Barurejo, Siliragung Banyuwangi dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76550
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository