Show simple item record

dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.authorWidariyati, Iga Ayu
dc.date.accessioned2016-08-16T04:06:09Z
dc.date.available2016-08-16T04:06:09Z
dc.date.issued2016-08-16
dc.identifier.issn120210204088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76538
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor selama ±3 bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Kertosari 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Data yang digunakan untuk uji homogenitas adalah nilai ulangan siswa kelas VA dan VB. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga 𝑡0 = 0,502 selanjutnya harga 𝑡0 dikonsultasikan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , diketahui 𝑑𝑏 = 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013 dan nilai 𝑡0 = 0,502 maka 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,502< 2,013. Tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas VA dan VB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Langkah selanjutnya pengundian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil Penelitian nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 14,9130 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol sebesar 9,0000. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS diperoleh harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,720 dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db= 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013. Analisis diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,720> 2,013 jadi hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima. Hasil ER sebesar 49,45% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas VA yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) menunjukkan hasil lebih efektif 49,45% dibandingkan dengan kelas VB yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Jadi kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di SDN Kertosari 01 Jember. Model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) disarankan bagi guru dan bagi pihak sekolah, digunakan sebagai bahan pertimbangan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), bagi peneliti, mengetahui ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap hasil belajar, bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau referensi untuk mengadakan penelitian sejenis dengan bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD)en_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa Kelas Ven_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPSPOKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI SDN KERTOSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record