PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPSPOKOK BAHASAN PERJUANGAN PARA TOKOH PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG DI SDN KERTOSARI 01 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor selama ±3 bulan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola
pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VA dan VB SDN Kertosari 01 Jember. Sebelum menentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Data
yang digunakan untuk uji homogenitas adalah nilai ulangan siswa kelas VA dan VB.
Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga 𝑡0 = 0,502
selanjutnya harga 𝑡0 dikonsultasikan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , diketahui 𝑑𝑏 = 36 pada
taraf signifikansi 5% sehingga nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013.
Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013 dan nilai 𝑡0 = 0,502 maka 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,502<
2,013. Tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas VA dan VB, hal ini
menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah
homogen. Langkah selanjutnya pengundian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol
dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol.
Hasil Penelitian nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas
eksperimen sebesar 14,9130 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada
kelas kontrol sebesar 9,0000. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t menggunakan
program SPSS diperoleh harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,720 dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
dengan db= 36 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,013.
Analisis diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 2,720> 2,013 jadi hipotesis nihil (𝐻0)
ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima. Hasil ER sebesar 49,45% sehingga
dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas VA yang diajar dengan
model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD)
menunjukkan hasil lebih efektif 49,45% dibandingkan dengan kelas VB yang
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.
Jadi kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD)
terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan
para tokoh perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di SDN Kertosari
01 Jember. Model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement
Devision (STAD) disarankan bagi guru dan bagi pihak sekolah, digunakan sebagai
bahan pertimbangan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), bagi peneliti, mengetahui ada pengaruh
yang signifikan penerapan model pembelajaran Tipe Student Teams Achievement
Devision (STAD) terhadap hasil belajar, bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian
ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau referensi untuk mengadakan penelitian
sejenis dengan bahasan yang berbeda.