• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah)

    Thumbnail
    View/Open
    Ainul Syachnia - 120210103104 -1.pdf (3.257Mb)
    Date
    2016-08-16
    Author
    SYACHNIA, Ainul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping pada pokok bahasan sistem ekskresi. Aktivitas siswa pada siklus 1 sampai siklus 2 terjadi peningkatan. Pada saat siklus 1, untuk persentase kriteria perhatian terhadap pelajaran sebesar 58,9%, aktif bertanya/menjawab sebesar 59,2%, bekerja dalam kelompok sebesar 66,7%, dan berdiskusi sebesar 68,9%. Selanjutnya pada siklus 2, persentase kriteria perhatian terhadap pelajaran sebesar 72,4%, aktif bertanya/menjawab sebesar 75,3%, bekerja kelompok sebesar 75,3%, dan berdiskusi sebesar 77,4%. Sehingga peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,68% Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping. Pada aspek kognitif, peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 34,2%. Siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 31,5%, dan pada prasiklus ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 65,6%. Sedangkan pada peningkatan aspek afektif dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,8%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76534
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository