PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI C SMAU BPPT Darus Sholah)
Abstract
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dalam
pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD
(Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind mapping pada pokok
bahasan sistem ekskresi. Aktivitas siswa pada siklus 1 sampai siklus 2 terjadi
peningkatan. Pada saat siklus 1, untuk persentase kriteria perhatian terhadap pelajaran
sebesar 58,9%, aktif bertanya/menjawab sebesar 59,2%, bekerja dalam kelompok
sebesar 66,7%, dan berdiskusi sebesar 68,9%. Selanjutnya pada siklus 2, persentase
kriteria perhatian terhadap pelajaran sebesar 72,4%, aktif bertanya/menjawab sebesar
75,3%, bekerja kelompok sebesar 75,3%, dan berdiskusi sebesar 77,4%. Sehingga
peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,68%
Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun
afektif dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran
koperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan teknik mind
mapping. Pada aspek kognitif, peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 34,2%.
Siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 31,5%, dan pada prasiklus ke
siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 65,6%. Sedangkan pada peningkatan aspek
afektif dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,8%.