dc.description.abstract | Permasalahan yang ada di kelas III SDN Kaliwates 02 Jember bervariasi, mulai dari kegiatan pembelajaran yang tidak mengindikasikan siswa untuk aktif, sumber pembelajaran kurang karena hanya mendapatkan buku paket dan metode pembelajaran lebih berpusat pada guru. Selain itu, Selama proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang kurang berani dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, kurang memperhatikan penjelasan guru dan lebih banyak bercanda dengan teman. Hal itu dikarenakan, model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang memotivasi siswa sehingga masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran dan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di SDN Kaliwates 02. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kaliwates 02 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini, siswa dapat melakukan sesuai tema lingkungan, sehingga semua siswa dapat mencapai aspek-aspek ketuntasan yang telah ditetapkan. Aktivitas belajar siswa siklus 1 meningkat pada siklus II presentase sebesar 10,21% dan pada hasil belajar siswa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing secara klasikal dari siklus I sampai siklus II meningkat sebesar 7,53%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kaliwates 02 Jember. | en_US |