• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PEMBELAJARAN PKN DENGAN TEMA LINGKUNGAN DI SDN KALIWATES 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    SHAHR BANU.odt (255.0Kb)
    Date
    2016
    Author
    Shahr Banu
    mam Muchtar
    Chumi Zahroul F
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang ada di kelas III SDN Kaliwates 02 Jember bervariasi, mulai dari kegiatan pembelajaran yang tidak mengindikasikan siswa untuk aktif, sumber pembelajaran kurang karena hanya mendapatkan buku paket dan metode pembelajaran lebih berpusat pada guru. Selain itu, Selama proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang kurang berani dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, kurang memperhatikan penjelasan guru dan lebih banyak bercanda dengan teman. Hal itu dikarenakan, model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang memotivasi siswa sehingga masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran dan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di SDN Kaliwates 02. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kaliwates 02 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini, siswa dapat melakukan sesuai tema lingkungan, sehingga semua siswa dapat mencapai aspek-aspek ketuntasan yang telah ditetapkan. Aktivitas belajar siswa siklus 1 meningkat pada siklus II presentase sebesar 10,21% dan pada hasil belajar siswa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing secara klasikal dari siklus I sampai siklus II meningkat sebesar 7,53%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kaliwates 02 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76448
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository