dc.description.abstract | Pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember dianggap membosankan oleh peserta didik karena dalam proses pembelajaran pendidik hanya sebatas memberikan ceramah, melakukan tanya jawab dan penugasan. Kurang tepatnya penggunaan metode bukanlah satu-satunya yang menjadikan pembelajaran sejarah kurang diminati peserta didik, akan tetapi juga disebabkan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran oleh pendidik saat proses pembelajaran. Motivasi belajar peserta didik kurang selama proses pembelajaran dengan skor motivasi yang diperoleh 60,4% yakni berada pada batas minimum kriteria sedang, sedangkan hasil belajar peserta didik masih di bawah KKM yaitu 70,19% dari KKM 75%. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan Media Audio-Visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Cooperative Script menuntut peserta didik berani mengungkapkan gagasan yang dimilikinya dengan melakukan kolaborasi antar peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan tanpa membedakan kemampuan masing-masing peserta didik. Media Audio-Visual Video digunakan dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkembangkan motivasi belajar dalam diri peserta didik.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember tahun ajaran 2015/2016? (2) apakah penerapan Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember tahun ajaran 2015/2016?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dan media pembelajaran audio-visual. (2) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dan media pembelajaran audio-visual.
Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember, dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 peserta didik. Desain dari penelitian ini adalah model penelitian Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Untuk memperoleh data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. | en_US |