• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SUBPOKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS X PEMBANGKIT LISTRIK (PBL) SMK NEGERI 2 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Bagus Eka Pratikno - 120210101022-1.pdf (2.290Mb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    PRATIKNO, Dian Bagus Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setelah dilakukan analisis, diketahui jika kemampuan berpikir reflektif siswa pada kelas interval 6 termasuk dalam kategori sangat tinggi dan memiliki beberapa kecenderungan dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Kecenderungan tersebut diantaranya menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dengan benar, membuat dan mendefinisikan model matematika dengan benar, menjelaskan 1 metode yang dianggap efektif yang pernah dan akan dilakukan, dapat menghubungkan masalah yang ditanya dengan soal SPLDV lain, dapat menyelesaikan soal dengan benar, mendeteksi, memperbaki dan menjelaskan jika terdapat kesalahan dengan melakukan koreksi minimal 1 kali, dapat membuat kesimpulan dengan benar. Kemampuan berpikir reflektif siswa pada kelas interval 5 termasuk dalam kategori tinggi dan memiliki kecenderungan, yaitu menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dengan benar, membuat dan mendefinisikan model matematika dengan benar, menjelaskan 1 metode yang dianggap efektif yang pernah dan akan dilakukan, menghubungkan masalah yang ditanya dengan soal SPLDV lain, dapat menyelesaikan soal dengan benar, mendeteksi, memperbaiki dan menjelaskan jika terdapat kesalahan dengan melakukan koreksi meskipun hanya 1 kali, serta membuat kesimpulan dengan benar. Sedangkan untuk siswa pada kelas interval 2 termasuk dalam kategori rendah dan memiliki kecenderungan, diantaranya menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya dengan benar, membuat dan mendefinisikan model matematika dengan benar meskipun untuk soal tertentu saja, tidak dapat mengingat metode yang pernah dilakukan, tidak dapat memilih metode yang dianggap efektif dan akan dilakukan, tidak dapat menghubungkan masalah yang ditanya dengan soal SPLDV lain, tidak dapat pula menyelesaikan soal dengan benar, tidak mendeteksi kesalahan dan tidak melakukan koreksi, tidak dapat memperbaiki dan menjelaskan kesalahan tersebut serta tidak dapat membuat kesimpulan dengan benar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76114
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository