Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.advisorHANDAYANI, Rif’ati Dina
dc.contributor.authorMULYADI, Dendik Udi
dc.date.accessioned2016-08-09T06:18:39Z
dc.date.available2016-08-09T06:18:39Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.nimNIM100210102080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76104
dc.description.abstractHasil validasi Media Flipbook diperoleh dari beberapa validator, yaitu 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Fisika serta seorang guru mata pelajaran IPA diperoleh nilai sebesar 4,1 sehingga media Flipbook memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan sebagai uji coba pengembangan. Selanjutnya untuk peningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa yang datanya diperoleh dari hasil portofolio berupa isian buku cetak Flipbook selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, yaitu sebanyak 4 kali pertemuan diperoleh rata-rata Skor N-Gain sebesar 0,36 dalam kategori Sedang. Aspek berfikir lancar dan berfikir luwes memiliki peningkatan dengan kategori sedang. Sedangkan aspek berfikir orisinil dan mengelaborasi memiliki peningkatan dengan kategori rendah. Aspek berfikir kreatif yang memiliki peningkatan terbesar adalah berfikir lancar dengan skor 0,67. Hal ini karena berfikir lancar merupakan berfikir kreatif yang sangat mudah untuk ditingkatkan dengan cara menyelesaikan pertanyaan atau sebuah masalah dengan runtut. Sedangkan hasil analisis terhadap pemahaman siswa yang datanya diukur melalui kegiatan post-test memperoleh persentase sebesar 41,7% yang dikategorikan cukup paham, 30,6% dikategorikan paham, 19,4% dikategorikan kurang paham dan 8,3% sangat kurang paham. Secara keseluruhan, pemahaman siswa telah tergolong dalam kategori Cukup paham dengan presentase sebesar 41,7%. Hal ini dikarenakan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan adanya soal yang tidak dikerjakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Media Flipbook pada materi Indera Penglihatan dan Alat Optik yang dikembangkan masuk ke dalam kategori valid dan layak untuk digunakan, 2) keterampilan berfikir kreatif siswa selama kegiatan belajar mengajar tergolong baik dan mengalami peningkatan, 3) pemahaman siswa dengan menggunakan Media Flipbook sudah berkategori Cukup paham.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries100210102080;
dc.subjectMEDIA FLASH FLIPBOOKen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERFIKIR KREATIFen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record