• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Dendik Udi Mulyadi - 100210102080-1.pdf (884.2Kb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    MULYADI, Dendik Udi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil validasi Media Flipbook diperoleh dari beberapa validator, yaitu 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Fisika serta seorang guru mata pelajaran IPA diperoleh nilai sebesar 4,1 sehingga media Flipbook memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan sebagai uji coba pengembangan. Selanjutnya untuk peningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa yang datanya diperoleh dari hasil portofolio berupa isian buku cetak Flipbook selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, yaitu sebanyak 4 kali pertemuan diperoleh rata-rata Skor N-Gain sebesar 0,36 dalam kategori Sedang. Aspek berfikir lancar dan berfikir luwes memiliki peningkatan dengan kategori sedang. Sedangkan aspek berfikir orisinil dan mengelaborasi memiliki peningkatan dengan kategori rendah. Aspek berfikir kreatif yang memiliki peningkatan terbesar adalah berfikir lancar dengan skor 0,67. Hal ini karena berfikir lancar merupakan berfikir kreatif yang sangat mudah untuk ditingkatkan dengan cara menyelesaikan pertanyaan atau sebuah masalah dengan runtut. Sedangkan hasil analisis terhadap pemahaman siswa yang datanya diukur melalui kegiatan post-test memperoleh persentase sebesar 41,7% yang dikategorikan cukup paham, 30,6% dikategorikan paham, 19,4% dikategorikan kurang paham dan 8,3% sangat kurang paham. Secara keseluruhan, pemahaman siswa telah tergolong dalam kategori Cukup paham dengan presentase sebesar 41,7%. Hal ini dikarenakan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan adanya soal yang tidak dikerjakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Media Flipbook pada materi Indera Penglihatan dan Alat Optik yang dikembangkan masuk ke dalam kategori valid dan layak untuk digunakan, 2) keterampilan berfikir kreatif siswa selama kegiatan belajar mengajar tergolong baik dan mengalami peningkatan, 3) pemahaman siswa dengan menggunakan Media Flipbook sudah berkategori Cukup paham.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76104
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository