Show simple item record

dc.contributor.advisorSULARSO, R. Andi
dc.contributor.advisorSUSWANDI, Edi
dc.contributor.authorSANTOSO, Bambang Edy
dc.date.accessioned2016-08-01T06:07:10Z
dc.date.available2016-08-01T06:07:10Z
dc.date.issued2016-08-01
dc.identifier.nimNIM990820101105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75568
dc.description.abstractPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) sistem kelembagaan pemasaran cabal besar, (2) efisiensi pemasaran, (3) keragaan pasar, dan (4) prospek agribisnis cabal besar di Kabupaten Jember. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden (petani dan pedagang) dan data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi yang terkatt. Pengambilan sampel menggunakan dua cara, yaitu di tingkat petani digunakan metode disproportionate random sampling. sedangkan di tingkat pedagang menggunakan metode snow ball sampling. Metode penelitian ini adalah diskriptif. Dalarn memberikan gambaran atau lukisan secara matematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan hubungan antar fenomena variabel yang diteliti dibantu dengan alat efisiensi pemasaran untuk melihat efisiensi pemasaran, marlin keuntungan dan biaya pemasaran untuk melihat keragaan pasar, dan SWOT untuk melihat prospek pengembangan agribisnis cabal besar ditinjau dari sisi internal dan eksternal. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa: (1) ada empat macam saluran pemasaran cabai besar di Kabupaten Jember, yaitu Saluran I (Petani-PPB-Pengecer), Saluran II (Petani-PPD-PPAK-Pengecer), Saluran Ill (Petani-PPD-PPB-Pengecer), dan Saluran IV (Petani-PPD-PPAK-PPB-Pengecer). Saluran pemasaran yang banyak diikuti atau dilalui oleh petani adalah saluran IV, yaitu sebayak 15 orang (37,5%). Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran meliputi pembelian, penjualan, informasi pasar, dan pengangkutan, permodalan, dan resiko (2) Saluran pemasaran yang Iebih sedikit melibatkan lembaga pemasaran tidak tentu efisien, (3) marlin keuntungan yang terbesar hampir dari semua saluran pemasaran adalah PPB, dan (4) pengembangan agribisnis cabai besar di Kabupaten Jember memiliki peluang pasar yang prospektif dan kompetensi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries990820101105;
dc.subjectPEMASARAN CABAI BESARen_US
dc.titleANALISIS PEMASARAN CABAI BESAR DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record