• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PEMASARAN CABAI BESAR DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Bambang Edy Santoso 990820101105_.pdf (17.12Mb)
    Date
    2016-08-01
    Author
    SANTOSO, Bambang Edy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) sistem kelembagaan pemasaran cabal besar, (2) efisiensi pemasaran, (3) keragaan pasar, dan (4) prospek agribisnis cabal besar di Kabupaten Jember. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden (petani dan pedagang) dan data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi yang terkatt. Pengambilan sampel menggunakan dua cara, yaitu di tingkat petani digunakan metode disproportionate random sampling. sedangkan di tingkat pedagang menggunakan metode snow ball sampling. Metode penelitian ini adalah diskriptif. Dalarn memberikan gambaran atau lukisan secara matematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan hubungan antar fenomena variabel yang diteliti dibantu dengan alat efisiensi pemasaran untuk melihat efisiensi pemasaran, marlin keuntungan dan biaya pemasaran untuk melihat keragaan pasar, dan SWOT untuk melihat prospek pengembangan agribisnis cabal besar ditinjau dari sisi internal dan eksternal. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa: (1) ada empat macam saluran pemasaran cabai besar di Kabupaten Jember, yaitu Saluran I (Petani-PPB-Pengecer), Saluran II (Petani-PPD-PPAK-Pengecer), Saluran Ill (Petani-PPD-PPB-Pengecer), dan Saluran IV (Petani-PPD-PPAK-PPB-Pengecer). Saluran pemasaran yang banyak diikuti atau dilalui oleh petani adalah saluran IV, yaitu sebayak 15 orang (37,5%). Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran meliputi pembelian, penjualan, informasi pasar, dan pengangkutan, permodalan, dan resiko (2) Saluran pemasaran yang Iebih sedikit melibatkan lembaga pemasaran tidak tentu efisien, (3) marlin keuntungan yang terbesar hampir dari semua saluran pemasaran adalah PPB, dan (4) pengembangan agribisnis cabai besar di Kabupaten Jember memiliki peluang pasar yang prospektif dan kompetensi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75568
    Collections
    • MT-Management [548]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository