ANALISIS PEMASARAN CABAI BESAR DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) sistem kelembagaan pemasaran cabal besar, (2) efisiensi pemasaran, (3) keragaan pasar, dan (4) prospek agribisnis cabal besar di Kabupaten Jember. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden (petani dan pedagang) dan data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi yang terkatt. Pengambilan sampel menggunakan dua cara, yaitu di tingkat petani digunakan metode disproportionate random sampling. sedangkan di tingkat pedagang menggunakan metode snow ball sampling. Metode penelitian ini adalah diskriptif. Dalarn memberikan gambaran atau lukisan secara matematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan hubungan antar fenomena variabel yang diteliti dibantu dengan alat efisiensi pemasaran untuk melihat efisiensi pemasaran, marlin keuntungan dan biaya pemasaran untuk melihat keragaan pasar, dan SWOT untuk melihat prospek pengembangan agribisnis cabal besar ditinjau dari sisi internal dan eksternal. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa: (1) ada empat macam saluran pemasaran cabai besar di Kabupaten Jember, yaitu Saluran I (Petani-PPB-Pengecer), Saluran II (Petani-PPD-PPAK-Pengecer), Saluran Ill (Petani-PPD-PPB-Pengecer), dan Saluran IV (Petani-PPD-PPAK-PPB-Pengecer). Saluran pemasaran yang banyak diikuti atau dilalui oleh petani adalah saluran IV, yaitu sebayak 15 orang (37,5%). Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran meliputi pembelian, penjualan, informasi pasar, dan pengangkutan, permodalan, dan resiko (2) Saluran pemasaran yang Iebih sedikit melibatkan lembaga pemasaran tidak tentu efisien, (3) marlin keuntungan yang terbesar hampir dari semua saluran pemasaran adalah PPB, dan (4) pengembangan agribisnis cabai besar di Kabupaten Jember memiliki peluang pasar yang prospektif dan kompetensi.
Collections
- MT-Management [539]