• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Rantai Tata Niaga Pemasaran pada Perusahaan Produksi Tepung Ikan : Studi Kasus di UD DUA BERLIAN Puger Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Galih Setyohadi.pdf (60.82Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Galih Setyohadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tepung ikan adalah produk kaya protein dan mineral serta berkadar air rendah yang diperoleh dari penggilingan ikan. Ketatnya persaingan di industri pakan ternak saat ini mendorong perusahaan untuk senantiasa memperbaiki dan menciptakan terobosan dalam mengelola usahanya. Pelaku usaha harus tetap memperhatikan perkembangan perusahaan pesaing melalui kegiatan pemasaran yang efektif. Perencanaan pemasaran yang baik akan meningkatkan keuntungan. Namun, belum banyak pelaku usaha termasuk industry tepung ikan yang melakukan analisis tata niaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tata niaga, efisiensi dari total biaya pemasaran dan profitabilitas volume pemasaran, serta perubahan kadar air dan kadar protein pada rantai tata niaga di UD Dua Berlian Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan September 2010 di UD Dua Berlian Puger Jember. Penelitian ini dimulai dengan observasi untuk penentuan perusahaan sasaran dan penyiapan kuisioner. Isi kuisioner meliputi pertanyaan mengenai biaya produksi, proses produksi, proses penyimpanan dan proses pemasaran. Tahap selanjutnya adalah pengumpulan dan analisis data. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan penyebaran kuisioner. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis efisiensi pemasaran, profitabilitas, kadar air dan kadar protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode 2008-2010 UD Dua Berlian Puger Jember mempunyai bentuk rantai tata niaga produsen-pengecer konsumen dan produsen-pedagang besar-pengecer-konsumen, dengan nilai rata-rata evaluasi biaya pemasaran masing-masing sebesar 5,9285% dan 5,97%, serta nilai profitabilitas 41,76% dan 44,08%. Selama masa menunggu distribusi terjadi perubahan kadar air dan protein tepung ikan. Hal ini mengindikasikan pentingnya pemasukan asumsi biaya perawatan gudang dalam penyusunan biaya pemasaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7483
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2729]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository