• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN 4 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    SLAMET ISWAHYUDI - 100210274003_1.pdf (104.3Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SLAMET ISWAHYUDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil pengamatan pra siklus yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 4 Tegaldlimo Banyuwangi terdapat beberapa permasalahan yaitu guru cenderung menggunakan metode konvensional pada setiap pembelajaran yang dilakukannya. Hal ini disebabkan kurangnya penguasaan guru terhadap metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Dari hasil evaluasi berupa soal-soal tes uji kompetensi diakhir kegiatan pembelajaran pada materi tentang koperasi menunjukkan bahwa dari 33 siswa, yang dapat dikatakan tuntas belajar secara individu baru sebanyak 19 siswa atau 57,6 % yang memperoleh nilai yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 60, sedangkan yang tidak tuntas secara individu adalah sejumlah 14 siswa atau 42,4 % sehingga dapat diambil kesimpulan hasil belajar siswa masih rendah. Secara klasikal siswa dapat dikatakan tuntas belajar adalah apabila telah mencapai ketuntasan ≥ 75% dari jumlah siswa. Tentunya permasalahan tersebut di atas perlu ditanggulangi dengan segera. Langkah yang tepat untuk menanggulangi permasalahaan tersebut di atas adalah dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alternatif pendekatan pembelajaran yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media gambar. Atas dasar pertimbangan itulah, penulis memilih pendekatan pembelajaaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media gambar sebagai langkah alternatif memperbaiki pembelajaran yang ada di kelas IV SDN 4 Tegaldlimo Banyuwangi dengan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan masalah-masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 4 Tegaldlimo Banyuwangi ? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan masalahmasalah sosial di kelas IV SDN 4 Tegaldlimo Banyuwangi ?. adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media gambar di kelas IV SDN 4 Tegaldlimo pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalahmasalah sosial; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Tegaldlimo Banyuwangi pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah- masalah sosial dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 18 April sampai 25 April 2012 di SD Negeri 4 Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 20 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian pra siklus semester II, siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan CTL dan media gambar pada siklus I diperoleh hasil 23 siswa (69,7 %) telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar ≥ 60, sedangkan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 31 siswa (93,9%). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pendekatan CTL melalui media gambar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL melalui media gambar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7469
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository