Show simple item record

dc.contributor.advisorSuranto
dc.contributor.advisorNa’im, Mohamad
dc.contributor.authorSusanti, Susi
dc.date.accessioned2016-02-02T04:42:57Z
dc.date.available2016-02-02T04:42:57Z
dc.date.issued2016-02-02
dc.identifier.nim110210302070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73182
dc.description.abstractPembelajaran sejarah di SMA Negeri Kalisat selama ini dianggap membosankan, baik dari strategi, metode maupun teknik pembelajaran. Partisipasi belajar peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan berfikir peserta didik masih dalam tingkat rendah serta tidak memberikan peserta didik untuk mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah. Penerapan metode pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan saintifik meningkatkan kemampuan penemuan pada setiap peserta didik, mendorong peserta didik untuk memecahkan suatu masalah dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan saintifik memfasilitasi kepada peserta didik berpikir kreatif dalam mencurahkan semua ide-idenya untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kalisat semester genap tahun ajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran sejarah dengan menerapkan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik pada peserta didik kelas XI IPS 3 semester genap di SMA Negeri Kalisat tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Kalisat, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek kognitif memperoleh 71,9%, pada siklus 2 memperoleh 78,1% sehingga meningkat menjadi 8,6%, pada siklus 3 memperoleh 80,2 meningkat menjadi 2,6%. Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotorik memperoleh persentase klasikal sebesar 63,19%, pada siklus 2 memperoleh persentase klasikal sebesar 73,14% sehingga meningkat menjadi 9,95%, pada siklus 3 memperoleh persentase klasikal sebesar 76,62% meningkat menjadi 3,48%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dan ranah psikomotor pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Kalisat. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor pada pembelajaran sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus dengan menggunakan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 DI SMAN KALISAT TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record