• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 3 DI SMAN KALISAT TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Susi Susanti cover 123.pdf (1.528Mb)
    Date
    2016-02-02
    Author
    Susanti, Susi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah di SMA Negeri Kalisat selama ini dianggap membosankan, baik dari strategi, metode maupun teknik pembelajaran. Partisipasi belajar peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan berfikir peserta didik masih dalam tingkat rendah serta tidak memberikan peserta didik untuk mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah. Penerapan metode pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan saintifik meningkatkan kemampuan penemuan pada setiap peserta didik, mendorong peserta didik untuk memecahkan suatu masalah dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan saintifik memfasilitasi kepada peserta didik berpikir kreatif dalam mencurahkan semua ide-idenya untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kalisat semester genap tahun ajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran sejarah dengan menerapkan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik pada peserta didik kelas XI IPS 3 semester genap di SMA Negeri Kalisat tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Kalisat, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek kognitif memperoleh 71,9%, pada siklus 2 memperoleh 78,1% sehingga meningkat menjadi 8,6%, pada siklus 3 memperoleh 80,2 meningkat menjadi 2,6%. Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotorik memperoleh persentase klasikal sebesar 63,19%, pada siklus 2 memperoleh persentase klasikal sebesar 73,14% sehingga meningkat menjadi 9,95%, pada siklus 3 memperoleh persentase klasikal sebesar 76,62% meningkat menjadi 3,48%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dan ranah psikomotor pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Kalisat. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor pada pembelajaran sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus dengan menggunakan metode discovery learning berbasis pendekatan saintifik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73182
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15277]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository