• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM SD NEGERI WIROLEGI 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Mazidah - 090210204068_1.pdf (323.8Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    NURHAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat fundamental bagi setiap individu baik secara formal maupun nonformal untuk menghadapi kerasnya hidup dan beratnya tantangan di masa yang akan datang. Pendidikan diawali dengan proses belajar untuk mengetahui suatu hal dan mengolah informasi tersebut untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu satu cara yang ditempuh adalah dengan meningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta memperluas akses pendidikan untuk masyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wirolegi 03 Jember Tahun Pelajaran 20122013 denganjumlahsiswasebanyak50siswa.Kondisiyangterjadipadasiswakelas adalah kuranganya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa alam mengakibatkan rendahnya nilai tes dalam kemampuan memecahkan masalah. Ketika proses pembelajaran IPS sedang berlangsung masih banyak siswa yang enggan untuk mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara sendiri, mondar-mandir, banyak siswa yang bermain sendiri dengan teman sebangkunya, dan enggan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan pendekatan pembelajaran yang bermakna yaitu pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM). Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat merupakan suatu pendekatan pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kemampuan berfikir siswa dalam memecahkan masalah serta menuntut ide dan kreatifitas siswa. Penggunaan pendekatan Sains teknologi dan masyarakat ini sengaja peneliti pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi penuh makna dan menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas IV SDN Wirolegi 03 melalui pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) pokok bahasan peristiwa alam. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah melalui pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) pelajaran IPS pokok bahasan peristiwa alam SD Negeri Wirolegi 03. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sains teknologi dan masyarakat, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan tes. Hasil wawancara yang dilakukan pada dua siswa yaitu Pinky Fitria Rahmat dan Siti Aisyah. Pingky menyatakan sangat senang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan STM karena pendekatan STM tersebut mendorong Pinky untuk berfikir kritis, sedangkan menurut Aisyah pembelajaran menggunakan pendekatan STM sangat sulit hal tersebut disebabkan Aisyah tidak terbiasa dengan pembelajaran yang mendorong untuk berfikir kritis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan terjadi peningkatan nilai hasil kemampuan memecahkan masalah dari sebelum tidakan, siklus I, sapi ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 48%, siklus I meningkat menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan sains teknologi dan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa alam pada siswa kelas IV SDN Wirolegi 03 Jember tahun 2012-2013, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum adanya tindakan sebesar 48%, siklus I sebesar 60% sehingga terjadi peningkatan antara sebelum adanya tindakan dan siklus I sebesar 12% , sedangkan pada siklus II sebesar 88%, sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dengan siklus II sebesar 28%. Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) diharapkan guru dapat menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, (2) bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini bisa memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan terutama di SDN Wirolegi 03 Jember khususnya, (4) penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7308
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository