• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (studi kasus pada siswa kelas IX-D pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kompetensi Dasar Lembaga Keuangan Bukan Bank semester Ganjil di SMP Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Frimanda Ninglestari_1_17.pdf (327.8Kb)
    Date
    2013-07-24
    Author
    Frimanda Ninglestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo masih dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Pembelajaran yang dilakukan mengakibatkan penurunan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi awala yang dilakukan peneliti di kelas IX-D SMP Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran IPS Ekonomi pada saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau secara teoritik. Metode ceramah yang digunakan dalam pembelajaran IPS Ekonomi selama ini menyebabkan siswa pasif hanya mendengarkan guru menjelaskan saja dan benar-benar membosankan dan kecenderungan ke arah terjadinya pembelajaran berdasakan guru, akibatnya siswa hanya tergantung pada penyajian guru, guru menjadi pihak primer pembelajaran, dan menurunnya perhatian siswa. Siswa tampak bosan mengikuti pelajaran di kelas, mereka menganggap pembelajaran tersebut menjemukan. Hal ini terjadi karena siswa jarang berkomunikasi dan berinteraksi, baik dengan sesama siswa maupun dengan guru dan akibatnya kelas menjadi pasif. Di kelas IX-D juga ditemui banyak siswa kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, berbicara sendiri dengan teman sebangku, kurang aktif bertanya, kurang aktif menjawab pertanyaan dari guru. Tingkah laku siswa yang seperti ini adalah wujud rasa bosan mereka dalam mengikuti pembelajaran di kelas tersebut. Keadaan ini berakibat pada buruknya hasil belajar kebanyakan siswa di kelas IX-D. Hal ini bisa dilihat dari hasil penilaian guru pada tes yang pernah dilaksanakan, dari nilai ulangan yang diperlihatkan oleh guru menunjukkan bahwa ada lebih dari 10 anak yang harus mengikuti remidi karena nilainya tidak mampu memenuhi standar ketuntasan belajar yakni 75. Selain itu dari observasi yang dilakukan peneliti, pada saat siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, jawaban yang terlontar bersifat text book. Jika diminta untuk menjelaskan dengan kata-kata sendiri, siswa masih mengalami kesulitan. Menurut Hanafiah dan Suhana (2009:52), “bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle adalah kegiatan dimana peserta didik saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Sedangkan menurut Lie (dalam Isjoni, 2009:77), “Inside Outside Circle (lingkaran besar-lingakaran kecil) merupakan salah satu teknik dalam pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran, dimana siswa saling berbagi informasi dalam waktu yang bersamaan.” Inside Outside Circle (IOC) merupakan salah satu tipe dalam model pembelajaran kooperatif. IOC dikembangkan oleh Spencer Kagan dan bertujuan untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan. Jadi Inside Outside Circle adalah bagian dari pembelajaran kooperatif yang diharapkan akan membantu guru dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan dapat mengelola kelas lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-D semester ganjil SMP Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan angket. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/726
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository