Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarjono
dc.contributor.advisorSwastika, Kayan
dc.contributor.authorCamila Al. S, Milla
dc.date.accessioned2016-01-22T01:44:19Z
dc.date.available2016-01-22T01:44:19Z
dc.date.issued2016-01-22
dc.identifier.nim070210204288
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71918
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan sistem konvensional, guru sering menggunakan media pembelajaran dalam bentuk lambang verbal sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Penerapan penggunaan multimedia video CD dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui penerapan pembelajaran melalui multimedia Video CD dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 04 Jember (2) mengetahui penerapan pembelajaran melalui multimedia Video CD dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 04 Jember Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 04 Jember kelas V yang terdiri atas 40 siswa, dengan 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 24 Pebruari 2010 sampai dengan 2 April 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan post-test. Siklus I pertemuan ke-1, aktivitas siswa mencapai 80,33% sedangkan pertemuan ke-2, mencapai 84% sehingga siklus I, aktivitas siswa mencapai 82,17%. Siklus II pertemuan ke-1, aktivitas siswa mencapai 86,33% sedangkan pertemuan ke-2, mencapai 85,5% sehingga siklus II, aktivitas siswa mencapai 85,92%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 81,48%, pertemuan 2 sebesar 88,89%, siklus II pertemuan 1 sebesar 92,59 % dan pertemuan 2 sebesar 92,59%. Analisis hasil post-test pada pra siklus, ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 57,5 % dan dinyatakan tidak tuntas. Siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 82,5% yang dapat dikatakan ada peningkatan. Siklus II, terlihat adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang mencapai 90 % . Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekan Indonesia. Penerapan penggunaan multimedia Video CD dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta bekerja sama dengan teman kelompoknya sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGGUNAAN MULTIMEDIA VIDEO CDen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA VIDEO CD KELAS V SDN KARANGREJO 04 TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record