• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA VIDEO CD KELAS V SDN KARANGREJO 04 TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Milla Camila Al. S Cover.pdf (331.6Kb)
    01 BAB 1.pdf (237.4Kb)
    02 BAB 2.pdf (295.1Kb)
    03 BAB 3.pdf (298.7Kb)
    Date
    2016-01-22
    Author
    Camila Al. S, Milla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan sistem konvensional, guru sering menggunakan media pembelajaran dalam bentuk lambang verbal sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Penerapan penggunaan multimedia video CD dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui penerapan pembelajaran melalui multimedia Video CD dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 04 Jember (2) mengetahui penerapan pembelajaran melalui multimedia Video CD dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 04 Jember Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 04 Jember kelas V yang terdiri atas 40 siswa, dengan 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 24 Pebruari 2010 sampai dengan 2 April 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan post-test. Siklus I pertemuan ke-1, aktivitas siswa mencapai 80,33% sedangkan pertemuan ke-2, mencapai 84% sehingga siklus I, aktivitas siswa mencapai 82,17%. Siklus II pertemuan ke-1, aktivitas siswa mencapai 86,33% sedangkan pertemuan ke-2, mencapai 85,5% sehingga siklus II, aktivitas siswa mencapai 85,92%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 81,48%, pertemuan 2 sebesar 88,89%, siklus II pertemuan 1 sebesar 92,59 % dan pertemuan 2 sebesar 92,59%. Analisis hasil post-test pada pra siklus, ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 57,5 % dan dinyatakan tidak tuntas. Siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 82,5% yang dapat dikatakan ada peningkatan. Siklus II, terlihat adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang mencapai 90 % . Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekan Indonesia. Penerapan penggunaan multimedia Video CD dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta bekerja sama dengan teman kelompoknya sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71918
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository