• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A. NAVIS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Sirojudin_001.pdf (233.3Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Muhammad Sirojudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A Navis memuat banyak nilai kehidupan, khususnya nilai pendidikan (didaktis). Dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami terdapat sepuluh judul cerpen. Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis merupakan sebuah kumpulan cerpen yang memuat berbagai macam permasalahan kemanusiaan. Berbagai macam kehidupan dalam masyarakat seperti masalah agama, kemanusiaan, keluarga, dan eksistensi diri diangkat oleh pengarang sebagai tema dalam kumpulan cerpen ini. Nilai pendidikan merupakan bagian dari unsur ekstrinsik. makna nilai pendidikan yang diacu dalam sastra (cerpen) adalah kebaikan atau manfaat yang ada dalam makna karya sastra bagi kehidupan manusia. Keberagaman nilai pendidikan, berdasarkan dimensi kemanusiaan dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu 1) nilai kesosialan, 2) nilai kepribadian, 3) nilai kesusilaan, dan 4) nilai religius (Tirtarahardja, 2005: 21). Oleh karena itu rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah struktur cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis yang meliputi: tokoh, konflik, dan tema, serta keterjalinannya antar unsur-unsur tersebut?; (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis?; (3) Bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA? Melalui rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis yang meliputi: tokoh, konflik, dan tema, serta keterjalinannya antar unsur-unsur tersebut. (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis; (3) mendeskripsikan pemanfaatan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa tulisan, baik berbentuk kata-kata, kalimat, maupun paragraf. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis cetakan kelima belas yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada bulan Maret tahun 2009. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam ix penelitian ini adalah deskriptif-interpretatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa pemandu pengumpul data dan pemandu analisis data. Prosedur penelitian yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini berupa analisis intrinsik yang terdiri dari tokoh, konflik, tema, dan analisis ekstrinsik yang berupa nilai-nilai pendidikan. Keberadaan tokoh, konflik, dan tema dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A.Navis, secara garis besar menyiratkan tema kemanusiaan. Nilai-nilai Pendidikan yang terkandung dalam Kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi nilai kesosialan, nilai kepribadian, nilai kesusilaan, dan nilai religius. Nilai kesosialan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi hormat dan suka menolong. Nilai kepribadian dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kerja keras, memaafkan, sabar, dan tanggung jawab. Nilai kesusilaan dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi kasih sayang, kewaspadaan hidup, dan sadar diri. Nilai religius dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis meliputi pengakuan adanya Tuhan dan keseimbangan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7163
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository