Show simple item record

dc.contributor.authorWa Ode Herlina
dc.date.accessioned2013-12-10T01:59:47Z
dc.date.available2013-12-10T01:59:47Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7052
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SD Negeri Kepatihan 05 Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas II dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa.sumber data primer diperoleh dari siswa kelas II dan guru kelas sedangkan data viii sekunder diperoleh dari guru kelas. Desain penelitian ini adalah model dari Hopkins dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tinadakan, observasi, dan refleksi. untuk memperoleh data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan adanya aktivitas belajar siswa. Kreaktifitas belajar siswa sebelum tindakan menunjukkan kriteria keaktifan masih dibawah 65% setelah dilakukan tindakan dari siklus I sampai siklus II kriteria keaktifan siswa menunjukkan peningkatan sebesar 80,2%. Dilihat dari aktivitas siswa dalam mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, berdiskusi/Tanya jawab antar guru dan siswa, membaca/mengerjakan LKS, mengerjakan tugas-tugas yang kontekstual dan relevan, bekerjasama denga siswa lain, berlatih melakukan keterampilan proses dan menyimpulkan pengamatan. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah pendekatan CTL pada pembelajaran IPS berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa kelas II SD Negeri Kepatihan 05 Jember. Persentase aktivitas dan hasil belajar siswa secara klaskal dengan pendekatan CTL pada materi pokok kedudukan dan peran anggota keluarga mengalami peningkatan 57,14% menjadi 77,14%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204025;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Contextual Teaching and Learning (CTL), IPSen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record