• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Wa Ode Herlina.pdf (384.6Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Wa Ode Herlina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kepatihan 05 Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas II dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa.sumber data primer diperoleh dari siswa kelas II dan guru kelas sedangkan data viii sekunder diperoleh dari guru kelas. Desain penelitian ini adalah model dari Hopkins dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tinadakan, observasi, dan refleksi. untuk memperoleh data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan adanya aktivitas belajar siswa. Kreaktifitas belajar siswa sebelum tindakan menunjukkan kriteria keaktifan masih dibawah 65% setelah dilakukan tindakan dari siklus I sampai siklus II kriteria keaktifan siswa menunjukkan peningkatan sebesar 80,2%. Dilihat dari aktivitas siswa dalam mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, berdiskusi/Tanya jawab antar guru dan siswa, membaca/mengerjakan LKS, mengerjakan tugas-tugas yang kontekstual dan relevan, bekerjasama denga siswa lain, berlatih melakukan keterampilan proses dan menyimpulkan pengamatan. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah pendekatan CTL pada pembelajaran IPS berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa kelas II SD Negeri Kepatihan 05 Jember. Persentase aktivitas dan hasil belajar siswa secara klaskal dengan pendekatan CTL pada materi pokok kedudukan dan peran anggota keluarga mengalami peningkatan 57,14% menjadi 77,14%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7052
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository